tab-wajah-new-grooming-guide-panduan-perawatan-baru
5 Cara Pede Berbicara di Depan Umum
Berbicara pede di depan umum

Bagi kebanyakan orang, berbicara di depan banyak orang menjadi sesuatu yang menakutkan. Tidak hanya ketika bicara di atas panggung namun juga misalnya ketika harus melakukan presentasi, dalam meeting, bahkan ketika menyampaikan kata sambutan di acara keluarga.

Alasan yang mendasari rasa takut tersebut sangat beragam. Namun jika boleh saya simpulkan, hampir semuanya tentang kurangnya rasa percayaan diri yang kita miliki. Nah, NIVEA MEN memiliki tips bagi kalian yang ingin meningkatkan rasa percaya diri, terutama ketika harus berbicara di depan umum.

5 Cara Pede Berbicara di Depan Umum

1. MASUKKAN PENGALAMANMU KEDALAM CERITA.

Memasukkan pengalaman pribadi dalam apa yang akan kita sampaikan akan mempermudah kita untuk mengingat materi. Pengalaman pribadi sudah barang tentu lebih mudah diingat kembali daripada kita mengarang sebuah cerita yang tidak pernah kita alami.

Mereka yang lancar berbicara di depan umum kebanyakan adalah orang yang berhasil menggabungkan pesan yang akan disampaikan dengan pengalaman pribadinya. Cobalah mencari pengalaman pribadi yang inspiratif (walau dalam skala yang kecil atau sederhana) sesuai dengan tema yang akan disampaikan. Hal tersebut akan memberi sentuhan "natural" dalam cerita anda.

2. BANYAK BERLATIH.

Orang bijak berkata, "Bisa karena terbiasa". Demikian juga dalam public speaking, semakin sering anda berlatih maka semakin nyaman anda ketika harus berbicara di depan umum. Setiap orang memiliki cara berlatih yang beragam. Saya pribadi lebih suka berbicara sendiri, biasanya saya lakukan di kamar mandi saat mandi, atau saat memiliki waktu luang. Untuk melatih gesture tubuh, kita bisa menggunakan kaca sebagai alat batu.

Semakin sering berlatih maka kemampuan kalian akan semakin bertambah, semakin baik, dan semakin nyaman. Ketika sudah lancar, baru anda boleh mencoba berlatih di depan beberapa teman dekat, sehingga anda akan semakin terbiasa.

3. PAHAMI DAN KUASAI MATERI.

Kita tidak mungkin dapat bercerita dengan baik dan tersusun secara rapi, jika kita tidak mengerti dan menguasai materi yang kan kita sampaikan. Oleh karena itu pemahaman materi menjadi hal yang sangat penting. Coba lah untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai materi yang akan anda sampaikan. Dapat melalui internet atau bahkan bertanya kepada mereka yang lebih mengerti.

Jangan malu bertanya agar kita menjadi lebih baik.

Membuat tulisan singkat mengenai poin-poin penting yang akan kita sampaikan menjadi hal yang akan sangat membantu.

4. CARILAH TITIK PANDANG YANG MEMBUAT KITA NYAMAN.

Ketika berbicara di depan banyak orang maka kita harus menguasai situasi. Cara menguasai situasi adalah melakukan kontak mata terhadap mereka yang berada di depan kita. Kontak mata memiliki peran penting karena hal tersebut akan membuat kita terlihat percaya diri. Kontak mata dapat menunjukkan penghargaan kita serta juga dapat menumbuhkan ikatan emosional antara kita dengan audience.

Menatap mata orang lain bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, karena terkadang pandangan orang dapat mempengaruhi fokus, dan konsentrasi kita. Nah untuk mengatasi hal tersebut saya selalu memiliki tip tersendiri, yaitu memilih titik pandang sedikit diatas mata (diatara kedua alis) lawan bicara. Hal tersebut membuat saya lebih nyaman saat berbicara. Hal yang tidak kalah penting, cobalah untuk menyapukan pandangan ke seluruh ruangan secara bergantian, agar seluruh audience merasakan energi yang sama.

5. PERHATIKAN PENAMPILAN DAN JAGA KESEHATAN.

Menjadi diri sendiri adalah syarat utama agar kita menjadi percaya diri. Menjadi diri sendiri dalam hal ini adalah pemilihan baju yang rapih namun juga sekaligus nyaman. Hindari baju yang tidak nyaman walalupun bagus. Artinya nyaman menjadi kata kunci yang harus digaris bawahi.

Karenakepercayaan diri, terutama untuk berbicara di depan umum, akan bertambah saat kita bersih, rapih, nyaman dan yang utama sehat. Rasa percaya diri bisa kita mulai dari hal-hal kecil seperti memakai pakaian yang bersih, merapihkan kumis dan jenggot, hingga mencuci muka supaya kulit wajah lebih sehat dan berseri. Hal tersebut akan memancarkan aura positif yang ada dalam diri kita.

Demikian tips dan trik saya ketika harus berbicara di depan umum. Tidak terlalu sulit bukan? Semoga apa yang saya sampaikan di atas dapat bermanfaat dan membantu anda sekalian.

Akhir sekali, tetap semangat dan sukses selalu untuk kita semua....


Best regards,

♦ Bambang Pamungkas ♦



Source: Bambang Pamungkas